Selasa, 01 November 2016




Suskes  menghadapi  akreditasi


Rosululloh berkata  
1.       orang  yang sukses itu  adalah  orang  yang paling  bermanfaat  bagi  orang lain
2.       Yakinlah setia kesulitan itu pasti ada jalan keluarnya .


Kedua  kalimat itu  baiknya menjadi sumber semangat bagi  kita dalam bekerja  dimana akhir akhir ini  kita  rasakan tugas  yang kita emban semakin berat .  Khususnya ialah adanya keharusan bagi  setiap  puskesmas  untuk mencapai puskesmas akkreditasi.
 Kenyataannya  sudah ada lebih  dari 10  puskesmas  di  Indonesia  yang sudah terakreditasi pada tahun  2015  .

Untuk mencapai tujuan tersebuat harus melalui  berbagai tahapan  yang  melelahkan  baik tenaga  dan pikiran .
Dimulai  dengan  sosialisasi  tentang akrediatsi .  terdiri  dari pelatihan  pelatihan pada  level pimpinan dan manajemen puskesmas dilanjutkan  sampai pada  level  paling bawah bisa  mencapai  waktu  berbulan bulan
Pengumpulan  bahan bahan untuk  referensi pembuatan dokumen   dari yang ada di puskesmas  , dinkes , mencari di internet  dan lain lain.
Penyusunan  dokumen dokumen   sesaui  dengan  bagian  masing  bagian.
Perbaikan  gedung ,  kebersihan   gedung  , alat alat dll.

Sebagai  akibat  dari kegiatan yang sangat  melelahkan tersebut sering terjadi  perbedaan pendapat  antara  pimpinan  dg  karyawan dngan karyawan, rasa capek  bahkan  sampai  jatuh sakit.


Guna mengatasi kendala kendala  tersbut di perlukan antara lain
Kepemimpinan yang baik  dan bijaksana  dari sorang  kepala puskesmas , bisa mengambil hati semua karyawan  sehingga  semua punya semangat untuk bekerja   menyelesaikan kewajibannya .
Semua karyawan  perlu  dimotifasi  oleh kapusk , bila  pelu motivator .

Kegiatan  yang mengahruskan karyawan sampai lembur  maka pusk harus menyediakan  konsumsi  dan  transportasi.

Sampai  tiba saatnya  dikunjungi  surveyor  akreditasi , semua dihadapi sesuai denganskenario
 Alhamdulillah survey  selesai dan status akrediatsi  pun  didapat. Atas  keberhasilan bersama ini pimpinan pusk  member reward  yang  pantas  untuk semua  karyawan .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar